• Promo Diskon Parfum Al Rehab.
  • Herbal Kanker Darah,Gagal ginjal,Kolesterol,Jantung.
  • Susu Kambing Etawa Murah.
  • Harga Propolis Melia Asli Termurah.

Pembetulan Tulang Belakang ( CHIROPRACTIC )

Posted by pksdpcbabelan On Kamis, 10 Februari 2011 0 komentar

PEMBETULAN TULANG BELAKANG (CHIROPRACTIC)




Apa itu Chiropractic ?
Chiropractic adalah salah satu cabang dari seni penyembuhan yang memfokuskan pada perbaikan dan penyempurnaan pada sistem saraf (terutama tulang belakang, dari punggung ke seluruh bagian tubuh). "Chiropractic" berasal dari kata Yunani Chiropraktikos, yang berarti "perawatan efektif dengan tangan." Chiropractic stresses the idea that the cause of many disease processes begins with the body's inability to adapt to its environment. Chiropractic berpendapat bahwa banyak penyakit yang diawali proses tubuh yang tubuh tidak mampu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Penyembuhan tidak dengan menggunakan bahan-bahan kimia, namun dengan menempatkan dan menyesuaikan musculoskeletal kembali benar dalam berfungsi.

Kecelakaan, jatuh, stres, ketegangan, pekerjaan yg terlalu keras, dan beban yang berketerusan pada suatu sisi tubuh dapat berakibat pada penggeseran atau salah letak dari tulang punggung (subluxation), menyebabkan gangguan saraf tulang belakang. Gangguan syaraf tulang belakang inilah yang sering menyebabkan kerusakan fungsi dalam tubuh manusia. Chiropractic teaches that reducing or eliminating this irritation to spinal nerves can cause your body to operate more efficiently and more comfortably. Chiropractic mengajarkan yang dapat mengurangi atau menghilangkan gangguan ini ke saraf tulang belakang, sehingga menyebabkan tubuh Anda dapat beroperasi lebih efisien dan lebih nyaman.

Terapi ini juga diyakini aman untuk bayi dan anak-anak. Biasanya, subluxation pada anak disebabkan karena tekanan pada tulang belakang ketika anak terjatuh, permainan berisiko seperti memanjat atau membawa beban berat di pundaknya, yaitu tas yang terlalu berat. Pergerakan yang tidak normal pada tulang belakang ini dapat mempersempit urat saraf sehingga mengganggu aliran darah ke jaringan tubuh. Umumnya gejalanya tidak langsung dirasakan, jika dibiarkan maka anak akan merasa tidak nyaman dan timbul keluhan sakit telinga, rewel, dan migraine

Sejarah Singkat Chiropractic
Pertama tercatat penyesuaian chiropractic dilakukan pada 18 September 1895, oleh Dr Daniel David Palmer, seorang guru yang lahir di Kanada-guru. Dr Palmer pada waktu itu sedang mempelajari penyebab dan akibat dari penyakit. Salah seorang pasiennya, Harvey Lillard, pesuruh yang bekerja di gedung yang sama dengan Dr Palmer di Davenport, Iowa. Mr. Lillard, mengeluh tentang masalah pendengaran selama lebih dari 17 tahun, Dr Palmer kemudian memeriksa tulang punggung Mr. Liliard. Dr Palmer menemukan sebuah "benjol" pada punggung Mr. Lillard dan menduga bahwa ruas tulang belakang mungkin salah tempat, yang kemudian ia reposisi ruas tersebut dengan terapi chiropractic yang lembut. Setelah beberapa kali perawatan, banyak Pendengaran Mr. Lillard's hearing telah berhasil dipulihkan.

Berdasarkan ilmu pengetahuan yang membuktikan bahwa sistem saraf mengontrol fungsi setiap sel tubuh, organ dan sistem tubuh, maka chiropractor memusatkan perhatian kepada sistem saraf secara menyeluruh. Otak dan saraf tulang belakang (spinal cord) dilindungi oleh tengkorak dan tulang belakang. Sehingga kalau pergerakan salah satu dari sendi tulang belakang berkurang maka akan mengiritasi sistem saraf, iritasi ini akan menyebabkan penurunan suplai neuron ke jaringan dan organ. Hal ini mengakibatkan fungsi jaringan dan organ yang tidak optimal. Dengan contoh otot yang berkembang tidak simetri, otot yang cepat lelah (fatigue). "Penurunan fungsi saraf" ini dinamakan: "Vertebra Subluxation Complex" (Subluksasi adalah dimana sendi tulang yang tidak bergerak dengan normal).

Saat ini seni dan ilmu chiropractic telah berkembang secara signifikan. Chiropractic telah menggunakan prosedur diagnostik canggih, peralatan canggih, penelitian ilmiah, dan meningkatnya penerimaan oleh pakar dan praktisi kesehatan profesional membuat chiropractic menjadi pilihan yang kian populer.




Bagaimana kita tahu bahwa sendi tubuh berkurang pergerakannya?
• Postur tubuh yang asimetri, seperti pundak atau pinggang yang tidak sama tingginya.
• Leher yang kaku/tegang.
• Rasa sakit atau rasa kaku pada tubuh.
• Sakit pada posisi tertentu atau pada waktu melakukan gerakan tertentu.
• Sakit pada pagi hari atau terasa sakit walaupun sudah beristirahat cukup lama.

Adjustment (Koreksi) Chiropractic
Dokter chiropractic melakukan pemeriksaan yang seksama untuk mengetahui fungsi sendi/pergerakan, fungsi otot & saraf. Jika dari pemeriksaan menunjukkan adanya subluksasi (sendi yang bergerak tidak normal) maka perlu diadakan koreksi chiropractic.

"Koreksi" adalah membantu tulang dan sendi ke posisi normal, menormalkan gerakan dan menghilangkan iritasi yang kadang menyebabkan sakit dan malfungsi dari organ bila didiamkan terlalu lama. Ada banyak cara untuk mengadakan "koreksi" tulang belakang. Dokter chiropractic menggunakan tangan atau alat yang didesain khusus untuk mengkoreksi sendi yang bersangkutan. Dokter chiropractic juga menyesuaikan teknik yang digunakannya dengan usia pasien serta tergantung kasus yang ditanganinya. Koreksi membantu menormalkan fungsi tulang belakang dan menghindari kerusakan jaringan di kemudian hari. Dan jika fungsi saraf kembali normal, ini akan membantu tubuh untuk menyembuhkan dengan sendirinya (self healing).

Yang menyebabkan subluksasi
• Posisi tidur, duduk atau berdiri yang tidak benar.
• Proses kelahiran.
• Trauma/kecelakaan.
• Mengangkat barang dengan posisi yang tidak benar.
• Olahraga yang tidak sesuai.

Subluksasi tidak selalu menyebabkan rasa sakit pada mulanya, dan biasanya orang tidak menyadarinya dan tidak perduli dengannya. Tetapi subluksasi itu akan menimbulkan kerusakan tubuh yang lebih besar dan pada saat itulah baru orang tersebut merasa sakit.

Dari penelitian diketahui bahwa tubuh punya cara untuk menyembuhkan secara natural (sendirinya). Dengan mengkoreksi sistem tubuh yang tidak benar (dalam hal ini sendi dan saraf) maka akan memungkinkan tubuh bekerja secara optimal.

Kapan seharusnya ke dokter chiropractic?
Apabila anda mengalami :
• Sakit kepala terutama di sekitar tengkuk dan dahi.
• Sakit pinggang, baik yang menjalar sampai ke kaki atau tidak.
• Sakit di tubuh anda yang tidak ada diagnosanya.
• Kesemutan dan baal (hilang rasa) yang berlangsung lama dan terus menerus.
• Nyeri di sekitar bahu dan bahu bagian belakang.
• Migrain (sakit kepala sebelah).
• Masalah di persendian tulang punggung.
• Nyeri di lengan dan kaki.
• Sciatica (nyeri/kaku di daerah pantat).
• Perut kembung dan sembelit pada anak-anak.
• Kerusakan pada persendian.
• Problem mengompol pada anak-anak.
• Lutut sakit.
• Pencegahan epilepsi pada bayi yang dilahirkan dengan bantuan alat vacuum.

Ini menandakan adanya gangguan fungsi saraf perasa. Dan masih banyak masalah kesehatan yang lain yang bisa dibantu dengan koreksi chiropractic ini.

Juga dianjurkan untuk memeriksakan tulang belakang anda untuk di check-up (spinal check-up) untuk menghindari dari kerusakan pada tulang dan sendi anda. Banyak masalah tulang belakang yang menyebabkan perubahan bentuk tubuh atau sikap tubuh kita. Cobalah check tubuh / postur anda satu sama lain, bila anda menemukan atau tidak yakin dengan postur anda, usahakan untuk diperiksa secara teliti oleh dokter chiropractic yang berkualitas.

TIPS MENJAGA TULANG BELAKANG



Keluhan di tempat Kerja
Kadang kita menyepelekan pegal-pegal di sekitar tubuh kita. Kebanyakan awal dari suatu penyakit pinggang atau sakit di leher yang kronis/lama bisa disebabkan sekedar pegal-pegal yang semakin lama semakin meningkat frekuensinya ataupun intensitasnya. Perlu diperhatikan bahwa tubuh mempunyai daya penyesuaian dan daya memperbaiki, sayangnya kita tidak waspada pada waktu tubuh memberikan kita tanda-tanda awal (Body Languages).

Dengan memperhatikan beberapa hal di bawah ini, kita bisa mencegah kerusakan di tubuh kita terutama di tulang belakang yang merupakan penyangga tubuh yang utama. Tulang belakang merupakan penyangga tubuh, pelindung saraf, pembuluh darah dan organ-organ tubuh. Aktivitas kita sehari-hari menentukan bagaimana tubuh kita terpakai, Pada pekerja yang sehari-hari menghabiskan waktu di kantor/ruangan yang kebanyakan kurang mobilitas, dapat ditemui mempunyai keluhan di tulang belakang terutama pinggang, punggung dan leher.

Menurut statistik dari "United Kingdom Back Care", 50 persen pekerja yang menggunakan komputer mempunyai sakit di pinggang. Kursi, meja dan cara duduk yang tidak benar merupakan penyebabnya.Selain sakit di pinggang, posisi kursi dan postur tubuh yang tidak benar bisa mengakibatkan sakit di leher dan juga punggung. Salah satu penyebab sakit leher bisa karena cara menerima dan memegang telepon dengan tidak benar. Posisi tersebut bisa menyebabkan ketidakseimbangan pada otot - otot leher.

• Pilihlah kursi dan meja yang sesuai dengan tinggi badan sehingga dapat bekerja tanpa membuat kepala di posisi menunduk atau menengadah
• Perhatikan central gravitasi tubuh anda. Berusaha untuk duduk tegak dengan memperhatikan garis jatuh/gravitasi antara telinga, pundak dan pinggul berada dalam satu garis lurus.
• Jangan duduk sepanjang hari, bangun dan lakukan peregangan setiap 30-45 menit.
• Perhatikan monitor setinggi pandangan mata. Bila diperlukan gunakan reading stand untuk menyangga buku / material yang diperlukan. Perhatikan keyboard atau penggunaan mouse sehingga pergelangan tangan tidak dalam keadaan extension /tertekuk.
• Hindari pekerjaan dengan posisi tangan di atas kepala untuk jangka waktu yang lama, kalau perlu gunakan kursi bantu untuk membantu agar mata tetap pada pandangan lurus/eye level.
• Angkatlah barang apapun sesuai dengan kekuatan anda, jangan asal angkat. Tekuk lutut dan selalu angkat barang dengan membawanya dekat ke tubuh.

Bagi pekerja yang menghabiskan waktunya di kendaraan, juga bisa memperhatikan beberapa hal di bawah ini :
• Nyamankan kursi kendaraan anda dan usahakan duduk tegak dengan memperhatikan central gravitasi tubuh. Jangan enggan-enggan mengakomodasikan kedudukan kursi dan sandaran kepala anda dari waktu ke waktu.
• Gunakan sabuk pengaman untuk menghindari terjadinya whiplash injury. Perhatikan bahwa "Repetitive Strain Injury " (luka yang berulang) bisa disebabkan karena pengemudi meng-rem kendaran berkali-kali di kemacetan dan mengakibatkan gerakan leher yang berulang-ulang.

Kebiasaan-kebiasaan di rumah juga harus diperhatikan, seperti:
• Biasakan tidak membaca di tempat tidur kalau tidak mempunyai bantal yang bisa menyangga punggung dengan benar, karena susah sekali mempertahankan posisi yang benar untuk tulang belakang anda sehingga posisi leher anda akan berada di depan dari pundak anda.
• Usahakan kekerasan matras sesuai dengan tubuh anda, Saat bangun dari tempat tidur miringkan tubuh, tekuk kedua lutut kearah dada dan turunkan kedua kaki ke lantai.
• Angkat tubuh dengan dibantu lengan. Jangan bangun ala sit-up. Dengan bangun dalam posisi yang benar membuat leher dan pinggang anda dalam posisi tegak dan mencegah tarikan otot yang tidak perlu.
• Usahakan tidak tidur tengkurap karena akan membuat leher anda dalam posisi terputar dalam jangka waktu yang lama.
• Jangan tidur dengan satu tangan atau kedua tangan di atas kepala anda.
• Pilih bantal yang sesuai dengan leher dan lebar pundak anda. Kalau kebanyakan tidur dengan posisi miring, pilih bantal yang selebar bahu anda sehingga leher anda dalam keadaan lurus.
• Perlu diingat!! Otot yang kaku dan kurang kelenturannya akan memudahkan terjadinya cedera. Dengan memperhatikan kelenturan otot dan tulang belakang, anda bisa mnghindari banyak cedera.
• Lakukan stretching/peregangan rutin setiap hari, dengan perlahan, tidak di hentak. Olah raga ringan dapat membantu meningkatkan tonus dan kekuatan otot seperti bersepeda, jalan, ataupun berenang sekitar 30 menit setiap hari.
• Perlu adanya suplemen penunjang. Ketika tubuh luka, tubuh akan memerlukan energi dan sejumlah nutrient untuk memperbaiki bagian tubuh yang luka. Natural suplemen yang tinggi, vitamin c, zinc dan selenium akan mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi terjadinya jaringan parut (scar tissue) di tempat yang terluka.
• Pada pertolongan pertama gunakan kompres es pada “Golden Period” (6 jam pertama setelah injury). Taruh di tempat yang luka (bukan luka terbuka) dengan 10 menit on-off. Kebiasaan menggunakan kompres panas atau balsam memang enak untuk pertamannya tapi tidak akan menurunkan proses peradangan (inflamasi).

Tips Menjaga postur

Postur tubuh yang baik

Beberapa hal yang membantu meringankan sakit anda Beberapa hal yang membuat sakit anda bertambah parah
Mengangkat Barang. Ketahui kekuatan tubuh anda, angkat barang sesuai kemampuan anda. Tekuk lutut anda dan mengambil barang dari posisi berlutut. Memaksakan mengangkat barang melebihi batas kekuatan tubuhnya sendiri.
Duduk. Hindari duduk dalam waktu lama. Lakukan peregangan tiap 20-30 menit. Hindari kursi yang terlalu empuk, karena dapat memperburuk kondisi anda. Duduk dalam waktu lama. Tidak ada back support. Kursi yang digunakan terlalu empuk.
Berdiri. Hindari pemakaian sepatu berhak tinggi, pemakaian dalam jangka waktu lama akan menimbulkan gangguan pada kesehatan anda. Sebisa mungkin, jangan berdiri dengan hanya bertumpu pada salah satu kaki, tumpuan harus berada di kedua kaki. Terlalu lama berdiri pada satu posisi saja.
Menyetir. Gunakan sabuk pengaman untuk menghindari cidera di tulang leher anda. Sesuaikan posisi kursi anda sehingga nyaman waktu dikendarai. Menyetir kendaraan dalam waktu lama tanpa henti.
Aktivitas. Lakukan berjalan, bersepeda atau berenang selama 20-30 menit setiap hari. Lakukan kegiatan olahraga lainnya secara rutin. Jangan memaksakan suatu aktivitas, apabila timbul keluhan karena suatu aktivitas yang dilakukan maka hentikan aktivitas tersebut. Duduk sepanjang hari, tidak berolahraga secara rutin.
Tidur. Perhatikan matras/kasur tidur anda. Matras yang baik sekalipun memiliki umur tertentu dan harus diganti. Matras yang terlalu empuk pun tidak baik bagi kesehatan anda. Tidur-tiduran dan bermalas-malasan di tempat tidur dalam waktu lama.
Relax. Hindari stress level yang tinggi. Cemas dan tingkat stress yang tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar