OBAT NYERI TULANG BAGI LANSIA

Posted by Cholil Saputra On Senin, 02 Mei 2011 0 komentar

Assalammu'alaikum wr. wb.
Pak Toto yang dimuliakan Allah, saya punya ibu mertua yang sedang sakit dengan keluhan seluruh tulang dari mulai pangkal paha hingga batas pergelangan kaki terasa nyeri dan linu yang amat sangat, karena menahan rasa sakit tersebut hingga perutnyapun ikut terasa sakit. Pertanyaannya saya:
1. Kira-kira apa penyebab penyakit tersebut?
2. Apa nama penyakit tersebut karena setela saya bawa ke dokter untuk periksa darah dan rongent tulangnya, ternyata hasilnya bagus semua, tidak ada rematik atas penyakit lainnya?
3. Apa obat yang paling cocok untuk ibu saya, beliau berumur 58 tahun dan bagaimana cara mengobatinya?
Demikian saja pertanyaan saya dan saya ucapkan jazzakumullah khairan katsiran.
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
RIDUAN
abi at eramuslim.com

Jawaban :

Waalaikumsalam Wr. Wb.
Saudara Ridwan Yth.,
Kemungkinan besar yang dialami oleh ibu mertua anda adalah radang sendi atau arthritis yang sering menyerang orang dewasa di atas 40 tahun.
Di pangkal paha, terdapat sebuah kepala yang menduduki dua pertiga dari daerah itu. Di puncaknya ada lekukan seperti bentuk kulit telur dengan permukaan kasar. Tulang paha sendiri merupakan tulang terpanjang yang ada di dalam tubuh. Tulang itu bersendi dengan asetabalum dalam formasi persendian panggul dan dari sini ia menjulur medial ke lutut dan membuat sendi dengan tibia, tulangnya berupa tulang pipa dan mempunyai sebuah batang dengan dua ujung yang menyambung hingga ke telapak kaki.

Rasa nyeri dan ngilu yang ibu mertua anda rasakan akibat dari berkurangnya volume pelumas berupa lemak sinovial yang terdapat pada bagian persendian sehingga mengakibatkan gesekan pada sendi menjadi terbatas dan merusak tulang rawan, ligamen, dan tendon. Gerakan sendi akibat tidak adanya pelumas ini menimbulkan rasa ngilu. Jika didiamkan, akan menimbulkan pengikisan tulang di bagan persendian.

Penyakit ini, selain disebabkan karena menipisnya persediaan lemak sinovial, juga adanya penumpukan zat-zat toksik dalam jaringan sendi. Hal lain yang mempermudah munculnya athritis adalah faktor keturunan, kegemukan, penyakit kencing manis (diabetes), kekurangan gizi, kurang minum, alergi.
Gejala dan tanda artritis sangat bervariasi. Bahkan sebagian orang yang dalam foto rontgen telah menunjukkan adanya tanda artritis, ternyata tidak mengeluh sama sekali. Atau sebaliknya. Gejala yang paling sering ditemukan adalah nyeri, kaku, dan hangat pada persendian yang terkena. Kadang-kadang pada persendian terdengar suara gemeretak sewaktu digerakkan.

Gejala cenderung muncul secara bertahap dengan rasa nyeri dan kaku pada sendi yang terkena. Untuk sebagian penderita, nyeri merupakan keluhan yang paling dirasakan, sedangkan yang lain berupa kaku maupun kelainan (deformitas) sendi. Apabila lutut dan panggul yang terkena, maka sulit untuk berjalan dan terasa sakit sekali. Demikian pula jika tangan yang terkena, maka kegiatan menjahit, mengetik dan membawa barang akan menimbulkan rasa sakit.

Biasanya, radang sendi menyerang pada pagi hari atau morning stiffness dengan gejala kaku atau sulit digerakkan pada sendi. Atau setelah lama tidak melakukan aktivitas. Meskipun demikian, kaku sendi dapat diredakan dengan latihan-latihan ringan. Nyeri sendi paling berat terjadi pada malam hari, sedangkan pagi hari masih nyeri tetapi lebih ringan dan membaik pada siang hari.

Bila gejala itu dirasakan semakin parah, gradasi arthritis bisa berubah naik menjadi Osteoarthritis atau radang sendi akibat pengikisan atau pengapuran tulang disebabkan karena telah rusaknya lapisan pelindung pada ujung-ujung tulang, yang dinamakan kartilago. Kartilago merupakan penutup ujung-ujung tulang yang berfungsi sebagai bantalan pada sendi dan sebagai pelindung pada saat bergerak.

Osteoartritis dapat disebabkan salah satu atau beberapa hal. Antara lain pemakaian dan robekan pada sendi yang diakibatkan usia tua. Dapat pula akibat kecelakaan pada waktu olahraga. Bahkan ada sebagian penderita yang memang mempunyai riwayat keluarga yang cenderung menderita penyakit ini (faktor genetik).

Ada baiknya ibu mertua anda rajin berjemur di bawah matahari pagi, karena sinar matahari pagi yang mengandung provitamin (diubah menjadi vitamin D setelah melalui proses metamorfosa) sangat baik untuk perbaikan dan pemulihan tulang. Sambil berjemur, kalau bisa dibarengi dengan olahraga kecil seperti jalan santai.

Mengapa olahraga begitu penting bagi mengidap artritis? Olahraga dapat menguatkan otot-otot, termasuk otot-otot di seputar persendian. Nah, makin kuat otot-otot di sekitar sendi, makin kokoh penahan sendi, sehingga membantu mengurangi tekanan pada tulang rawan dan persendian. Dengan demikian, gejala nyeri sendi juga akan bisa banyak berkurang.

Meski demekian, setiap kali berolahraga, coba lebih dahulu tanyakan kepada beliau. Jika beliau merasa kesakitan, jangan dipaksa. Jika otot terasa sakit lebih dari satu atau dua jam setelah latihan, olahraga sebaiknya dihentikan dan jangan lagi diteruskan.

Produk HPA untuk mengatasi masalah ini adalah: Radix, Health B dan Minyak Herba Jawi. Radix dan Health B diminum 2 kapsul pagi hari dan 2 pada malam hari, diminum 30 menit sebelum makan atau 2 jam setelah makan. Karena Radix bersifat melancarkan air seni, dianjurkan ibu mertua anda banyak minum air putih agar tidak terjadi dehidrasi pada tubuhnya. Lalu, minyak But-But bisa dioleskan pada tulang yang sakit setelah minyak dipanaskan di atas sendok makan dengan lilin atau korek api. Lakukan hal ini pada pagi hari dan saat mau tidur malam.
Pemesanan Herbal : Cholil Saputra /081389762181

0 komentar:

Poskan Komentar