• Promo Diskon Parfum Al Rehab.
  • Herbal Kanker Darah,Gagal ginjal,Kolesterol,Jantung.
  • Susu Kambing Etawa Murah.
  • Harga Propolis Melia Asli Termurah.

Penyebab Haid Tidak Teratur

Posted by pksdpcbabelan On Selasa, 01 Maret 2011 0 komentar

Assalamu'alaikum,

Bagaimana cara menghitung siklus haid? Apakah jarak antara hari pertama haid setiap bulannya atau jarak antara hari terakhir haid dengan hari pertama datang haid bulan berikutnya?

Bila haid tidak teratur (kadang terlalu lama dan kadang terlalu cepat) apa sebabnya? Apakah bisa merupakan suatu kelainan/penyakit? Apakah ada kaitannya dengan tingkat kesuburan?

Wassalamu'alaikum,

Meyta Putri
meyta at eramuslim.com

Jawaban :

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Haid adalah suatu keadaan fisiologi yang tetap dan teratur yang dialami kaum perempuan sejak akil baligh hingga menjelang menopouse (putus haid). Masa berlaku haid pada setiap wanita berbeda-beda, ada yang 3-5 hari, bahkan ada yang haid hingga satu minggu lamanya.

Semasa haid dikenal juga sebagai masa ritme reproduksi perempuan yang dicirikan dengan keluarnya hormon estrogen dan progesteron yang diperlukan untuk tempat persiapan berkembangnya sel telur. Corak ritme ini disebut sebagai siklus haid.

Fungsi siklus haid ialah untuk menghasilkan sel telur yang matang dari ovari dan menyediakan lapisan dalam rahim untuk implantasi embiro. Jika tidak terjadi pembuahan, maka telur tersebut akan mengalami degenerasi dan dibuang bersama bahan-bahan lain yang keluar dari tubuh perempuan melalui saluran vagina.

Permulaan haid tergantung banyak faktor. Masa siklus haid bagi perempuan yang normal adalah 28 hari. Hari pertama haid dianggap sebagai hari pertama siklus baru. Setiap siklus biasanya berkisar antara 20-45 hari. Perbedaan siklus tergantung pada umur, termasuk pula banyak sedikitnya darah haid yang keluar juga bisa berbeda pada setiap perempuan.

Siklus haid bagi yang masih gadis berkisar 6.6 hari. Namun, setelah menginjak masa menopouse atau putus haid bisa menjadi 6 hari. Sedangkan bagi perempuan yang sehat masa haidnya bahkan bisa kurang dari empat hari. Jumlah rata-rata darah yang keluar semasa haid adalah 70 ml. Jumlah itu akan bertambah bila usianya kurang dari 35 tahun. Kisaran normal darah yang keluar semasa haid antara 60 hingga 200 ml.

Masalah haid yang tidak teratur bisa disebabkan karena beberapa faktor. Misalnya, faktor kejiwaan, terlalu lelah karena sibuk bekerja, stres, penggunaan alat atau obat KB, juga bisa mempengaruhi waktu haid. Di samping itu, ketidakteraturan tersebut bisa disebabkan oleh keadaan hormon yang tidak seimbang. Ketidakteraturan ini dapat berupa siklus yang lebih pendek, jarak haid yang tidak teratur, atau perdarahan yang banyak.

Meskipun ketidakteraturan haid ini pertanda ketidakstabilan hormon yang wajar, namun ada beberapa hal yang perlu diwaspadai. Karena ada kemungkinan ketidakteraturan ini merupakan pertanda adanya sesuatu yang tidak beres pada tubuh. Misalnya, ada tumor, kanker atau jaringan fibroid yang sering muncul tanpa diundang. Ada baiknya segera konsultasi ke dokter untuk memastikan tidak ada kelainan itu.

Pada beberapa kasus, ketidakteraturan haid tidak menyebabkan kesuburan, tapi sulit untuk mengandung. Hal ini disebabkan karena sel telur yang belum matang sudah terbuang atau terlambat dibuang melalui saluran pembuangan.

Produk HPA yang bisa mengatasi masalah ini adalah Paramaria Plus. Herba ini selain bermanfaat untuk melancarkan haid, juga bisa mencegah tumbuhnya tumor bagi wanita yang terindikasi mempunyai fibroid yang menjadi cikal bakal kista.
Pemesanan Herbal hubungi : cholil saputra /081389762181

0 komentar:

Posting Komentar