• Promo Diskon Parfum Al Rehab.
  • Herbal Kanker Darah,Gagal ginjal,Kolesterol,Jantung.
  • Susu Kambing Etawa Murah.
  • Harga Propolis Melia Asli Termurah.

Sering Migrain

Posted by pksdpcbabelan On Jumat, 04 Maret 2011 0 komentar

Assalamu'alaikum wr. wb.

Saya sering sekali migrain dan perut kembung apa penyebabnya dan apa obatnya? Terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr.wb

Teguh Prasetyo
abu_hasna at eramuslim.com



Jawaban :



Waalaikumsalam Wr. Wb.

Migrain, atau sakit kepala sebelah merupakan bagian dari sakit kepala (headache) yang disebabkan karena menyempitnya pembuluh darah, atau terhambatnya asupan oksigen ke kepala. Migrain adalah bentuk sakit kepala yang dimulai pada satu sisi dan menetap, berdenyut disertai mual dan terasa lebih berat pada posisi membungkuk. Frekuensi serangan bisa setiap minggu, bisa setiap bulan. Bentuk spesifik didahului penglihatan berkunang-kunang, di tengah bidang pandang muncul bintik-bintik terang benderang.



Beberapa saat kemudian bintik menjadi sebesar telur menyebar ke samping kiri dan tampak kabur atau gelap d tengahnya, di kelilingi cahaya terang. Setelah 5 menit, secara perlahan bayangan memudar. Pada saat itu rasa nyeri pada sebelah kepala mulai datang, berdenyut-denyut disertai rasa mual.

Hampir semua pusing migrain berhubungan dengan pembuluh darah kepala dan leher. Pencetusnya bisa karena perubahan hormon saat masa haid atau saat pemakaian pil KB. Bisa juga karena perubahan temperatur yang mendadak, psikis, makanan, atau obat yang merangsang.



Bila anda menderita migrain dan perut kembung bersamaan, penyebabnya mungkin dari pola makan dan makanan yang anda konsumsi mengandung banyak nitrat dan monosodium glutamat (MSG). Makanan yang bersifat merangsang, entah itu mengandung MSG, tyramin, dopamin, kafein, atau zat nitrat yang banyak terdapat pada daging sapi olahan, sosis, atau mie instant, pada orang yang peka memang bisa langsung mengganggu fungsi pembuluh darah kepala atau leher. Pasalnya, beberapa puluh menit setelah makanan masuk ke dalam perut, terjadilah penyempitan pembuluh darah. Rasa pusing bisa timbul akibat mengembangnya kembali pembuluh tersebut. Pusing karena makanan pada umumnya hanya terasa pada satu sisi, entah berdenyut atau berat sebelah.



Ketika migrain menyerang, cobalah lakukan cubitan. Bila yang dialami adalah migrain (nyeri kepala sebelah), cubit kulit telapak tangan yang terbentang antara ibu jari dan telunjuk dari tangan sisi yang sama dengan sumber nyeri. Maksudnya, bila migrain berasal dari sebelah kiri kepala, maka lakukanlah cubitan di telapak kiri. Tahan cubitan hingga beberapa menit. Bila sakitnya disertai ketegangan (tension headache), pijat tonjolan yang terletak antara leher dan belakang (pas di belakang daun telinga) selama 10-15 menit.



Jika tidur, tidurlah dengan posisi yang benar, karena posisi tidur akan menentukan apakah anda akan bangun dengan sakit kepala atau tidak. Tidur tengkurap dapat menyebabkan nyeri kepala karena otot-otot di leher menjadi tegang dan berkontraksi. Cobalah tidur terlentang. Bila anda seorang yang tidak bisa diam ketika tidur, gunakan bantal tipis untuk menahan leher agar bisa tidur nyaman di tempat.



Bila anda sedang salat, saat sujud, tekanlah dahi ke sajadah atau tikar, bebankan dahi dengan berat badan anda. Hal ini dapat memperlancarkan aliran darah dari jantung ke kepala. Karena, ketika sujud, posisi jantung ada di atas kepala. Semakin lama anda sujud semakin baik untuk melancarkan asupan oksigen secara maksimal ke otak, selama sujud anda terus berdoa meminta kesembuhan kepada Allah.



Ada baiknya jangan terlalu sering minum obat anti migrain atau sakit kepala. Karena rutin menelan obat penghilang nyeri bisa membuat nyeri kepala bertambah parah, yang dinamakan kondisi bumerang (rebound). Baik obat resep maupun yang dijual bebas, bila dikomsumsi terlalu sering bisa menurunkan bisa menurunkan toleransi anda terhadap rasa sakit. Sebagai patokan umum, dalam kondisi normal, sebaiknya anda tidak menelan pil lebih dua kali dalam sebulan. Berbeda dengan herba yang tidak mempunyai efek samping sama sekali, bahkan bersifat menyembuhkan secara menyeluruh.



Untuk mengatasi migren yang saat menganggu aktifitas itu, disarankan selalu melakukan olahraga kecil, seperti jogging dan senam. Hindari minum kopi yang berlebihan. Karena zat caffein yang ada di dalam kopi sangat cukup berpengaruh membentuk terjadinya migren. Meski, untuk sebagian orang, sakit kepala bisa disembuhkan dengan kopi.



Cadangan HPA untuk mengatasi masalah migrain dapat menggunakan Herba Tuju Angin, Teh Asiatica, dan Omega 3 Gel.

0 komentar:

Posting Komentar