• Promo Diskon Parfum Al Rehab.
  • Herbal Kanker Darah,Gagal ginjal,Kolesterol,Jantung.
  • Susu Kambing Etawa Murah.
  • Harga Propolis Melia Asli Termurah.

Sulit Buang Air Besar

Posted by pksdpcbabelan On Jumat, 04 Maret 2011 0 komentar

Assalamu'alaikum....
Pak saya mau bertanya, selama ini saya mengalami susah buang air besar, terkadang sampai tiga hari saya tidak BAB, dan kalau sudah berhari- hari tidak BAB perut saya terasa sakit, kata ibu saya, saya memang dari kecil seperti itu, susah buang air besar. Apa efeknya penyakit saya tersebut terhadap kesehatan saya, dan bagaimana solusinya?


Dan bagaimana pula cara menurunkan berat badan secara alami tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan, karena selama ini saya merasa ibadah saya terganggu, terutama shalat, saya tidak bisa sujud berlama-lama, mungkin karena saya terlalu gemuk (tinggi saya 154 cm sedangkan berat badan saya 56 kg ).
Mohon jawaban secepatnya. Jazakallah,

Me
Maya Srihayati
khairunnss at eramuslim.com


Jawaban :


Waalaikumsalam Wr. Wb.
Sulit buang air besar (BAB) disebut juga dengan nama sembelit, adalah suatu keadaan di mana seseorang sulit melakukan BAB yang disebabkan adanya penumpukkan penyumbatan di usus oleh sisa-sisa makanan atau feses (tinja). Seseorang yang tidak melakukan BAB lebih dari 14 jam kemungkinan besar mengalami sembelit.


Penyebabnya, biasanya dikarenakan kurang minum air putih dan serat (sayur-sayuran atau buah-buahan). Di dalam usus besar, serat dan sejumlah zat tepung terfementasi, Serat inilah yang membentuk bulk (badan kotoran). Kotoran inilah yang membantu mendorong otot usus membuat makanan yang telah dicerna didorong melewati usus, sehingga BAB menjadi lancar.


Masalah muncul bila di dalam usus kurang tersedia serat, sehingga proses pembentukan bulk agak lama. Pada orang yang jarang mengkonsumsi serat, sisa-sisa makanan yang tidak terserap tubuh akan berhenti dalam usus. Akibatnya orang itu akan merasa sakit dan sulit buang air besar. Bila ibu anda mengatakan telah mengalami sembelit sejak kecil, berarti sejak saat itulah anda mengalami gangguan dalam percernaan yang terus terbawa hingga saat ini. Kegemukan merupakan salah satu akibatnya, selain sering merasakan pusing, letih, nafas tidak sedap, suka mengantuk, sakit pada persendian dan beberapa masalah pada kulit. Sedangkan gejala-gejala psikis (kejiwaan) yang sering timbul akibat sulit BAB ini adalah sering emosi, timbul pikiran negatif, terlalu sensitif dan suka menyendiri.


Meski secara umum sembelit tidak mengakibatkan efek serius, komplikasinya bisa menyebabkan wasir, lecet dan pendarahan pada anus. Bahkan bila sudah kronis, bisa mengalami prolapsus, usus yang menggantung ke bawah. Kondisi ini selain bisa merusak sirkulasi dan fungsi usus, juga dapat menekan organ-organ di bagian bawah usus, seperti rahim pada wanita. Sehingga, wanita mengalami kesulitan hamil, kendati sudah dinyatakan subur oleh dokter.


Di samping itu, di dalam suatu penelitian menemukan bahwa pria dan wanita yang sering sembelit lebih rentan terkena kanker usus besar. Pasalnya, di dalam tinja banyak mengandung racun-racun yang tidak terkontrol. Racun-racun yang tersimpan sekian lama itulah yang menyebabkan kanker. Kanker usus besar itu terjadi setelah terakumulasi selama bertahun-tahun di dalam usus. Cara termudah mengatasi masalah ini adalah dengan banyak minum air putih, sehari 2,5 liter. Dan banyak mengkonsumsi sayur-sayuran atau buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, karena vitamin C termasuk obat pencahar ringan.


Jangan pernah menggunakan obat-obatan pencahar yang dijual bebas di warung-warung atau minuman-minuman yang mengandung serat, karena pencahar mengganggu penyerapan sodium dan keseimbangan potonium di usus besar. Olahraga selama tiga puluh menit per hari sangat penting untuk membakar kalori, khususnya di daerah abdomen (perut). Melakukan sit up sangat membantu memperkuat sistem abdomen dan usus, di samping jalan kaki atau jogging.


Produk HPA yang sangat baik untuk mengatasi masalah sulit BAB ini adalah Herba Tuju Angin dan Pelawas. Sedangkan untuk menurunkan berat badan adalah Teh Asiatica Plus dan Stoma-K.

0 komentar:

Posting Komentar